Remote Desktop Menggunakan SSH (Secure Shell) Pada Ubuntu

By | January 26, 2015

SSH_ubuntu

Ketika bekerja dalam jaringan, tentunya kita tidak akan terlepas dari  komputer, mesin, device atau perangkat jaringan lain. Kadang karena lokasi dari komputer/perangkat jaringan tersebut tidak memungkinkan untuk kita jangkau (atau karena faktor lain) maka perangkat tersebut kita operasikan dari jarak jauh melaui komputer kita. Kegiatan tersebut itulah yang umumnya dikenal dengan istilah “remote”. Sedangkan komputer, mesin, device atau perangkat jaringan yang kita remote selanjutnya  lebih dikenal dengan istilah “host”. Lalu, apakah yang dimaksud dengan remote desktop itu? Desktop disini lebih mengacu pada sebuah host yang berupa komputer. Jadi secara sederhana istilah remote desktop dapat diartikan dengan pengoperasian komputer lain dari komputer kita sendiri melalui jaringan.

Ada beragam aplikasi yang bisa kita gunakan untuk me-remote sebuah host, beberapa  diantaranya adalah Teamviewer, VNC, RDP dan lain sebagainya. Namun aplikasi-aplikasi tersebut hanya berjalan pada mode GUI (Graphical User Interface). Lalu bagaimanakah untuk remote sebuah host yang tidak memiliki GUI, jawabannya adalah SSH (Secure Shell). SSH sendiri merupakan sebuah aplikasi yang mampu mengenskripsi pertukaran paket-paket data sehingga keamanannya lebih terjamin.

Untuk bisa melakukan SSH sudah tentu ada beberapa hal yang harus kita penuhi. Pertama harus sudah terinstal aplikasi SSH baik dari sisi client maupun server. Dan yang kedua tentunya kita harus mempunyai user login pada PC tujuan/host. Pada sistem Operasi Ubuntu, SSH client biasanya sudah terinstall secara default. Sedangkan untuk SSH server kita perlu menginstallnya terlebih dahulu.

Untuk mengecek apakah SSH sudah terinstall bisa digunakan perintah berikut:

 dpkg -l | grep openssh 

Jika hasilnya seperti berikut, berarti ssh tersebut sudah terinstall. Dalam PC saya, baik ssh-client maupun ssh-server keduanya sudah terinstall.

ssh1

Selanjutnya kita cek apakah port untuk layanan ssh terbuka, disini saya menggunakan nmap (jika belum ada silahkan anda install terlebih dahulu)

 nmap localhost 

Dari scan nmap tersebut dapat kita lihat port 22 untuk layanan ssh terbuka, seperti pada gambar berikut

ssh2

Selanjutnya setelah aplikasi SSH terinstall dan port layanan ssh (port 22) terbuka maka kita bisa mencoba melakukan remote ke host/PC tujuan. Sebagai contoh disini saya akan melakukan remote desktop ke PC yang memiliki IP 192.168.10.9 dengan username cha. Maka perintah yang kita gunakan adalah :

 ssh cha@192.168.10.9 

Jika ada permintaan Authentikasi “Are you sure you want to continue connecting (yes/no)?” maka pilih saja “yes”  selanjutnya masukkan password dari username yang anda gunakan.

SSH3Dan selamat, sekarang anda sudah berapa pada host/PC tujuan anda. Selanjutnya, selesaikan pekerjaan anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

Sumber blog Kang Himawan

One thought on “Remote Desktop Menggunakan SSH (Secure Shell) Pada Ubuntu

  1. Hosting

    Aplikasi yang paling terkenal dari protokol ini adalah untuk akses ke akun shell pada sistem operasi mirip Unix , tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada Windows . Ia dirancang sebagai pengganti Telnet dan protokol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks, membuat mereka rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket .

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *